Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang dikirimkan harus asli, berbasis riset , tidak pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses review yang memungkinkan diterbitkan dalam publikasi lain.
  • Artikel telah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris baku dengan spasi 1,5 dengan ukuran font Garamond ukuran 12 dalam kertas berukuran A4 menggunakan format Microsoft Word (doc atau docx). Artikel harus dikirim melalui menu Submit Artikel dengan panjang artikel 5.000 hingga 7.000 kata.
  • Artikel telah memenuhi aturan penulisan dan bibliografi yang termuat dalam aturan penulisan (Author Guidelines).
  • Artikel telah mencantumkan abstrak 150-200 kata dan 5 kata kunci. Seluruh artikel harus dikirim melalui menu Submit Artikel.
  • Kutipan telah mengikuti gaya penulisan Chicago Manual of Style 16th edition (full note), dan telah dibuat menggunakan software sitasi Mendeley atau Zotero.
  • Jika ada, transliterasi Arab telah mengikuti panduang transliterasi dari Arabic Library of Congress (LC).

Author Guidelines

Secara umum struktur penulisan artikel ilmiah ISLAMIKA INSIDE: Jurnal Keislaman dan Humaniora diorganisasi ke dalam tiga bagian, yakni awal, inti, dan akhir. Pada bagian (1) awal, artikel harus mencantumkan judul, baris kepemilikan, abstrak, dan kata kunci. Judul dibuat dengan memperhatikan prinsip ekonomi kata, diksi denotatif, dan tentu harus merefleksikan isi artikel. Baris kepemilikan menunjuk pada nama penulis, institusi asal, dan alamat email. Abstrak disusun dalam bahasa Inggris dengan rentang 75-100 kata. Pada kata kunci (keywords), dicantumkan maksimal enam kata yang secara topikal merupakan isu utama artikel.

Sementara itu, pada bagian (2) inti, setiap artikel diorganisasi ke dalam dua model berbeda tergantung pada kategori tulisan. Untuk artikel berkategori pengkajian atas suatu konsep (review paper), tulisan diorganisasi dalam tiga sub, yakni pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Pada pendahuluan, artikel mengurai segenap konteks dari subjek kajian (konsep atau discourse) beserta signifikansinya dalam pengembangan disiplin keilmuan terkait; diteruskan dengan sub pembahasan yang mengulas seluruh tema atau isu yang merupakan supporting detail dari subjek kajian berikut probabilitas konsekuensinya; dan kemudian diakhiri dengan sub penutup yang mengungkapkan simpulan dan implikasi teoretiknya serta sejumlah rekomendasi penting terkait pengembangan diskursus dalam ranah keilmuan terkait. Lalu, khusus untuk artikel berkategori hasil riset (research paper), baik riset pustaka (library research) maupun riset kancah (field research), model IMRaD digunakan sebagai struktur penulisan. IMRaD merupakan struktur pengorganisasian lazim dalam penulisan ilmiah (scientific writing for academic journals) yang terdiri dari empat subbagian, yaitu pendahuluan (introduction), metode kajian (methods), hasil riset (results), dan (and) diskusi lebih lanjut (discussion). Pada sub pendahuluan, artikel harus mengungkapkan seluruh konteks riset, mulai dari alasan mengapa suatu unit analisis (subjek maupu objek riset) menarik dan penting diteliti, masalah utama (research questions), hipotesis, hingga tujuan sekaligus signifikansi pengkajiannya. Kemudian, pada sub metode kajian, artikel harus mengungkapkan segenap metode yang digunakan dan bagaimana penerapan operasionalnya dalam pengkajian. Khusus tipe hasil riset kancah, pada sub ini harus pula diungkapkan kapan dan di mana riset dilakukan, siapa saja pihak yang terlibat, dan data apa saja yang digunakan. Selanjutnya, pada sub hasil riset, artikel harus menunjukkan dan mengulas seluruh temuan penelitian yang diperlakukan sebagai ikhtiar menjawab ajuan masalah. Akhirnya, pada sub diskusi lebih lanjut yang merupakan bagian penutup, artikel harus mengungkapkan sejumlah simpulan, implikasi teoretik, keterbatasan riset, dan sejumlah rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti oleh para pengkaji atau peneliti berikutnya dalam rangka pengembangan hasil riset ke depan. Tentu saja, semua kategori artikel, baik review paper maupun research paper, harus mampu menunjukkan kebaruan (novelty) dalam temuan.

Adapun pada bagian (3) akhir, setiap artikel harus dipungkasi dengan pencantuman seluruh pustaka yang dirujuk dalam pengkajian. Penulisan daftar pustaka (bibliografi) dilakukan dengan pola Turabian style (Lihat Pedoman Penulisan ISLAMIKA INSIDE).

Penulisan artikel pada ISLAMIKA INSIDE: Jurnal Keislaman dan Humaniora meliputi beberapa aturan penulisan berikut:

1. Artikel yang dikirimkan harus asli, berbasis riset , tidak pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses review yang memungkinkan diterbitkan dalam publikasi lain.

2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris baku dengan spasi 1,5 dengan font Garamond ukuran 12 dalam kertas berukuran A4 menggunakan format Microsoft Word (doc atau docx). Artikel harus dikirim melalui menu Submit Artikel dengan panjang artikel 5.000 hingga 7.000 kata.

3. Semua artikel yang masuk akan direview oleh tim editor, penyunting ahli dan mitra bebestari. Artikel yang tidak sesuai dengan ketentuan tema, format dan panjang artikel akan ditolak tanpa melalui proses review.

4. Artikel yang dikirim harus mencantumkan abstrak 150-200 kata dan 4 kata kunci.

5. Sitasi harus menggunakan catatan kaki (footnote) dan daftar pustaka yang mengacu pada format Chicago Manual of Style 16th edition (full note). Artikel yang sitasinya dibuat menggunakan software sitasi Mendeley atau Zotero lebih diutamakan.

6. Seluruh artikel harus disubmit melalui menu Submit Artikel.

7. Transliterasi Arab menggunakan font Times New Arabic dengan acuan sebagai berikut:

Untuk informasi detail mengenai transliterasi, silakan mengacu pada sistem transliterasi Arabic Library of Congress (LC) Guidelines.

Download font Times New Arabic dan font pendukung dan cara install font.

8. Penulisan catatan kaki dan daftar pustaka mengikuti acuan berikut:

Penulisan catatan kaki

1 Muhammad Arkun, Islam: al-Akhlaq wa al-Siyasah (Beirut: Markaz al-Inma’ al-Qawmi, 1990), 6.

2 Abdurrahman Wahid, Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia (Jakarta: The Wahid Institute, 2009), 15.

3 Ronald Lukens-Bull, A Peaceful Jihad: Negotiating Identity and Modernity in Muslim Java (New York: Palgrave Macmillan, 2005), 12.

4 Yon Machmudi, “The Emergence of New Santri in Indonesia,” Journal of Indonesian Islam, Vol. 2, No. 1 (Juni 2008), 73.

5 Riaz Hassan, “On Being Religious: Patterns of Religious Commitment in Muslim Societies,” The Muslim World, Vol. 97, No. 3 (Juli 2007), 437–439.

6 Zamakhsyari Dhofier, “The Pesantren Tradition: a Study of the Role of the Kyai in the Maintenance of the Traditional Ideology of Islam in Java” (Disertasi, Australia National University, 1980). 32.

7 Masdar Farid Mas’udi, “Mengenal Pemikiran Kitab Kuning,” dalam M. Dawam Rahardjo (ed.), Pergulatan Pesantren: Membangun dari Bawah (Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), 1985), 56.

8 Suad Joseph, ed., “Encyclopedia of Women & Islamic Cultures,” Islam: Islam and Modernities (Leiden: Brill, 2007), 213.

Daftar rujukan

Rujukan dari Jurnal

Machmudi, Yon. “The Emergence of New Santri in Indonesia.” Journal of Indonesian Islam Vol. 02, no. 01 (Juni 2008).

Hassan, Riaz. “On Being Religious: Patterns of Religious Commitment in Muslim Societies”, The Muslim World, Vol. 97, No. 3 (Juli 2007).

Rujukan dari Buku

Arkun, Muhammad. Islam: al-Akhlaq wa al-Siyasah. Beirut: Markaz al-Inma’ al-Qawmi, 1990.

Joseph, Suad, ed. “Encyclopedia of Women & Islamic Cultures”. Islam: Islam and Modernities. Leiden: Brill, 2007.

Lukens-Bull, Ronald. A Peaceful Jihad: Negotiating Identity and Modernity in Muslim Java. New York: Palgrave Macmillan, 2005.

Wahid, Abdurrahman. Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia. Jakarta: The Wahid Institute, 2009.

Mas’udi, Masdar Farid. “Mengenal Pemikiran Kitab Kuning.” dalam M. Dawam Rahardjo (ed.), Pergulatan Pesantren: Membangun dari Bawah. Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), 1985.

Rujukan dari Disertasi

Dhofier, Zamakhsyari. “The Pesantren Tradition: a Study of the Role of the Kyai in the Maintenance of the Traditional Ideology of Islam in Java.” Disertasi, Australia National University, 1980.

 

Privacy Statement

Pernyataan Privasi

Pernyataan privasi dapat dibaca di sini.